School Myspace Comments

Selasa, 11 Januari 2011

merubah tinggi rendahnya nada dan tempo dengan adobe audition 3.0



 

Apakah anda ingin merubah tinggi rendahnya nada,katakanlah jika anda mempunyai cd karaoke akan tetapi nada dasarnya terlalu tinggi atau terlalu rendah buat range suara anda.Atau misalkan anda ingin membuat suara mirip dengan Donald bebek atau tokoh kartun lainnya atau anda ingin membuat suara mirip dengan suara hantu yang membuat orang lain merinding saat mendengarnya…..ehhhhmm…atau mungkin suara aSemuanya bisa anda lakukan dengan mudah.Lalu,..Bagaimana Caranya..????? Ikuti Tutorialnya di bawah ini……

  1. Langkah 1
    • Buka Program Adobe Audition – Klik Edit View – Buka File Lagu yang akan di edit – klik open.maka akan tampak wafe form lagu yang dipilih. Dalam tutorial ini, kita menggunakan suara vokal dari lagu Terima Kasih Hujan & Cinta (Halma Band). Untuk mendownload, klik disini.


      2. Langkah 2
    • Lakukan seleksi atau blok pada waveform yang akan kita edit
    • Klik effect – Time / Pitch – Stretch

        3. Langkah 3
    • Akan Keluar jendela dari efek stretch.terdapat dua pilihan menu utama,yaitu :
Constant Stretch    : Berfungsi untuk merubah tempo atau merubah pitch dari suatu lagu secara tetap dari awal hingga akhir lagu.
Gliding Stretch       : Berfungsi untuk merubah tempo atau merubah pitch dari suatu lagu secara berubah ubah dari awal hingga akhir lagu.
Jadi perbedaan yang mendasar disini adalah,jika kita menggunakan Constant Stretch,maka tempo ataupun pitch akan diterapkan sama atau tetap sepanjang lagu.tapi jika kita menggunakan Gliding Stretch maka tempo ataupun pitch akan berubah – ubah ( tempo awal lambat kemudian akan menjadi cepat sampai akhir lagu / pitch awal rendah kemudian akan semakin tinggi sampai akhir lagu ataupun sebaliknya tergantung pengaturan). Ada 2 macam Gliding Stretch diantaranya :
·         Gliding Stretch Pitch Shift. Untuk download samplenya, klik disini.
·         Gliding Stretch Time Stretch. Untuk download samplenya, klik disini.

Gambar Tampilan Contant Stretch

 Gambar Tampilan Gliding Strech

  Fungsi dari: 
          Stretching Mode, Bagiannya :
  • Time Stretch ( Preserves Pitch ), Digunakan jika anda ingin mempercepat atau memperlambat tempo tanpa merubah tinggi rendahnya nada ( Pitch ). Time Stretch ada 2 type yaitu :
           - Time Stretch Faster Tempo. Untuk download samplenya, klik disini.
           - Time Stretch Lower Tempo.
Untuk download samplenya, klik disini.

Sekarang kita mulai ber eksperimen, Lakukan langkah 1 sampai 3,pada stretching mode pilih Time Stertch, Pitch Shift, Resample sesuai keinginan.kemudian geser slider .jika posisi di time stretch maka jika kita geser slider kekiri maka tempo semakin lambat jika kekanan maka tempo semakin cepat.jika posisi di pitch shift maka jika kita geser kekiri slider maka nada semakin tinggi,dan jika kekanan maka nada semakin rendah.Jika posisi di resample maka jika kita geser slider kekiri maka nada akan semakin tinggi dan tempo semakin cepat,tapi jika slider kita geser kekanan maka nada akan semakin rendah dan tempo semakin lambat.Apabila kita ingin mengembalikan slider pada posisi normal maka kita ketikan angka 100 pada kolom ratio.atau gunakan kolom transpose untuk merubah tinggi rendah nada sesuai dengan tangga nada.tidak ada salahnya juga kita gunakan fungsi preset untuk mengatur tempo dan pitch sesuai dengan bawaan dari adobe audition.Dengarkan dulu hasilnya dengan mengklik tombol preview.jika dirasa cukup tekan tombol ok.
lihat gambar berikut


Good luck... Jangan Lupa komentar nya.

0 komentar:

Posting Komentar



ShoutMix chat widget
Design by Ahmad Taufik Visit Original Post Islamic2 Template