School Myspace Comments

Selasa, 25 Januari 2011

Cara Mentransfer dari cassete Tape ke CD

Jika kamu mempunyai kassete tape lama dan anda ingin mentransfer nya ke dalama komputer, ada banyak program yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut. Beberapa program yang bisa dipakai anatara lain:
1. Sound Recorder yang merupakan bawaan windows
2. Audacty
3. Adobe Audition

Pada tulisan ini saya akan menjelaskan cara mentransfer dari cassete tape ke komputer dalam format MP3 menggunakan prohram Adobe Audition 3.0.
Sebelum memulai untuk meng copy cassete ke komputer atau PC yang harus disiapkan adalah:
1. Software Adobe audition 3.0 yang sudah ter install dalam komputer
2. Cassete Tape Player dengan out put jack RCA.


 
3. Stereo JAck RCA dengan sambungan mini

atau gunakan sambungan berikut untuk bisa disambungkan dengan jack RCA biasa


 

 4. Sound Card computer dengan line in ( biasanya warna biru ) lihat di belakang CPU.


Langkah 1
Hubungkan Tape deck dengan komputer
Untuk menghubungkan antara cassete tape dengan komputer digunakan kabel RCA stereo.
hubungkan kabel warna putih dan merah dengan penghubung RCA betina yang ada di tape deck. Keluaran tape deck yang diambil adalah keluaran pre amp head dari tape recorder. jangan dihubungkan dengan keluaran untuk speaker, karena hal ini bisa mengakibatkan sound card rusak karena sinyal yang terlalu kuat. Sambungan seperti gambar berikut.

Jangan salah menyambungkan dengan kompuetr, biasanya yang berwarna biru adalah line in pada komputer.

Langkah 2. 
Merekam audio dari kassete ke komputer menggunkan adobe audition 3.0.
langkah pertama buka adobe audition. Ketika adobe audition dibuka akan keluar jendela adobe audition seperti gambar berikut:


ketika pertma dibuka akan napak jendela seperti diatas, dan disitu akan terlihat beberapa buah track yang siap untuk diisi dengan lagu yang akan kita transfer dari cassete tape.
Langkah 3.
Pilih salah satu track yang ada untuk merekam suara tadi yaitu dengan meng klik tombol R yang ada diamping kiri track. setelah kita tekan R maka akan muncul jendela baru yang menyuruh kita untuk memilih tempat kita menyimpan file itu dalam komputer dan nama file tadi.
Setelah selesai memasukan nama file kemudian tekan tombol Record ( berwarna merah ) di kiri bawah didalam kolom Transport, dan tekan tombol itu lagi jika sudah selesai merekam. Pada saat perekaman akan nampak sinyal naik turun di track tempat kita menyimpan file tadi sebagai pertanda proses perekaman sedang berlangsung. Jika tidak ada sinyal pada track tadi periksa pengaturan pada input sound card dengan mengklik tanda speaker yang ada di sudut kanan bawah komputer kita. Hasil perekaman kita masih dalam format WAV jika kita ingin mengubah jadi MP 3 , klik menu file pada adobe audition klik Export dan Mix Audio Down, muncul jendela baru, kemudian pada kotak save as type pilih MP3.

Selamat Mencoba
Ditulis Oleh Ahmad Taufik.S.Pd, Guru Teknik Audio Video, SMK Negeri 1 Bangkinang-Riau




0 komentar:

Posting Komentar



ShoutMix chat widget
Design by Ahmad Taufik Visit Original Post Islamic2 Template